nurul wardah

James Mill


No Alias


HUMANIORA


-


Angus, Skotlandia


Selasa, 6 April 1773


Aries




Skotlandia


Istri : Burrow Harriet

BIOGRAFI
James Mill adalah seorang filsuf, ekonom, dan ahli teori politik Skotlandia. Ia lahir di Northwater Bridge, Angus, Skotlandia pada tanggal 6 April 1773. Orang tuanya mengirimnya untuk belajar di sekolah paroki dan kemudian ke Akademi Montrose. Dia kemudian masuk ke Universitas Edinburgh. Pada bulan Oktober tahun 1798 ia diangkat menjadi pendeta Gereja Skotlandia. Pada tahun 1802 ia pergi ke London. Di sana ia menjadi anggota parlemen Kincardineshire dan mengabdikan dirinya untuk sastra.

    Pada tahun 1808 ia berkenalan Jeremy Bentham dan mengadopsi prinsip-prinsipnya. Pada tahun itu juga ia mulai menulis untuk Edinburgh Review hingga tahun 1813. ia juga menulis untuk Spanish America, China, Francisco de Miranda, the East India Company, dan Liberty of the Press. Ia banyak menulis tentang pendidikan, kebebasan pers, dan sebagainya. Ia juga melancarkan serangan yang kuat tentang gereja sehubungan dengan kontroversi Bell dan Lancaster. Pada tahun 1825 ia ambil bagian dalam diskusi yang membangun dasar bagi University of London (Universitas London).
    Pada tahun 1818 ia mempublikasikan tulisan yang berjudul "The History of British india" yang kemudian meraih sukses. Kesusksesan itu membawanya pada pengangkatannya sebagai seorang pejabat di India House, sebuah departemen yang memeriksa korespondensi India. Pada tahun 1830 ia menjadi kepala lembaga tersebut.
    Beberapa karya Mill yang telah dipublikasikan antara lain An Essay on the Impolicy of Bounty on the Exportation of Grain (1804), Commerce Defended (1808), The History of British India (1818), Elements of Political Economy (1821), Liberty of the Press (1823), Prison and Prison Discipline (1823), Essay on the Ballot and Fragment on Mackintosh (1830), The Principles of Toleration (1837), dan sebagainya.
Riset dan Analisa oleh Asri Shabrina Afrah
PENDIDIKAN
  • University of Edinburgh
KARIR
  • Editor Literary Journal (1803-1806)
  • Kepala India House (sejak 1830)
0 Responses

Posting Komentar