nurul wardah


DESKRIPSI JABATAN

            PT Penerbit Erlangga Cab. Pekanbaru merupakan salah satu perusahaan Penerbit Swasta Nasional yang memiliki jaringan luas di berbagai kota di Indonesia. Dan membuka cabang salah satunya di kota Pekanbaru Provinsi Riau, tepatnya di Jl. Soekarno - Hatta No.98. Dan saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja Marketing Supervisor.

Gambaran umum tentang jabatan
Deskirpsi Jabatan:
Jabatan yang sedang dibutuh kan Marketing Supervisor.
Tugas-tugasnya yaitu:
1.      Pemasaran Buku – buku Pelajaran SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi
2.      Pemasaran Buku – buku Umum dan Referensi
3.       Mempromosikan Produk – produk terbitan Erlangga
4.      Pendekatan terhadap Pelanggan

Persyaratan jabatan:
1.    Pria
  1. Usia Maksimal 27 Tahun
  2. Pendidikan Minimal D3 - Semua Jurusan
  3. Tinggi Badan Minimum 165 cm, Berat Badan Proporsional
  4. Energik, Target Oriented dan Komunikatif
  5. Memiliki SIM C
  6. Pelamar yang Lolos Seleksi diberikan Gaji Tetap, Uang Makan, Jenjang Karir dan Motor Inventaris
  7. ANALISIS

                            Agar mendapatkan calon karyawan sesuai dengan posisi yang sedang dicari, maka harus dibuat iklan lowongan kerja yang benar, tepat dan menarik. Ada 11 unsur yang harus ada dalam iklan lowongan kerja agar iklan menjadi menarik, yaitu:
    1.      Nama Jabatan
    Nama jabatan atau nama posisi yang dicari harus ditulis secara jelas, diuraikan sedikit penjelasan tentang nama posisi tersebut jika nama posisi itu tidak umum, jarang ada di perusahaan lainnya. Pada iklan lowongan kerja dari PT Penerbit Erlangga Cabang Pekanbaru ini sudah ada ditulis Nama posisi yang dicari. Namun tidak ada diuraikan karena posisi ini sudah umum dan sudah banyak di perusahaan lainnya. Sehingga dengan dibuat saja nama posisinya orang sudah tahu, yaitu Marketing representative. Posisi ni sudah banyak diperusahaan lain dan sudah sangat umum, yang mana tugas nya dan tanggung jawabnya dalam pemasaran produk dari perusahaan.

    2.      Kode Lowongan
    Kode ini sangat dibutuhkan untuk mensortir banyaknya lamaran kerja yang masuk. Dengan menuliskan kode lowongan, akan meringankan kerja staff HRD dalam memilih lowongan kerja yang masuk berdasarkan posisi jabatannya. Sedangkan pada iklan lowongan kerja ini tidak dituliskan kode lowongan kerjanya.ini merupakan salah satu kekurangan dari iklan lowongan kerja ini.

    3.      Nama Perusahaan
    Yang paling penting sekali adalah menuliskan nama perusahaan. Hal ini sangat diperlukan karena calon karyawan akan tahu dengan jelas perusahaan yang dituju. Seperti pada iklan ini sudah sangat jelas ditulis nama perusahaannya, yaitu PT Penerbit Erlangga Cabang Pekanbaru.


    4.                  Alamat Perusahaan
    Alamat ini juga sangat penting dituliskan pada iklan lowongan kerja. Agar calon karyawan tahu tempat perusahaan yang akan ia lamar. Pada iklan ini sudah ada ditulis alamat PT Penerbit Erlangga ini dengan lengkap, sehingga pelamar tahu dimana tempat PT Penerbit Erlangga ini.

    5.                  Uraian Tugas
    Tuliskan uraian pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawab karyawan secara singkat dan padat. Penulisan ini sangat berguna bagi pelamar agar ia tahu tugas-tugas serta tanggung jawabnya. Pada iklan ini sudah sangat jelas dituliskan dan diuraikan secara singkat dan pada tugas-tugas dari marketing representative. Sehingga pelamar pun akan tahu tugas-tugas dan tanggung jawabnya jika ia sudah menjadi karyawan.

    6.                  Persyaratan jabatan
    Persyaratan jabatan ini sanga penting dituliskan secara jelas, apakah untuk posisi tersebut di butuhkan seorang dengan latar belakang pendidikan S1, D3, S2, STM dan sebagainya, mempunyai pengalaman kerja 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun dan persyaratan-persyaratan lainnya. Persyaratan fisik sebaiknya dituliskan dengan pemilihan kata-kata yang tepat, misalkan dicari seorang sekretaris, mungkin karena permintaan user sekretarisnya harus cantik, muda, berkulit putih, sexy, cerdas dan cekatan maka di dalam penulisan job specificationnya tidak perlu ditulis dicari sekretaris cantik, sexy dan menarik, tetapi cukup ditulis berpenampilan menarik. Persyaratan agama, suku dan gender sebaiknya dihindari. Pada iklan lowongan kerja ini sudah sangat jelas dituliskan persyaratan apa saja pada jabatan marketing representative. Sehingga pelamar pun tahu apa saja yang harus ia persiapkan dan apakah ia memenuhi persyaratan itu atau tidak.

    7.                  Tujuan Pengiriman Lamaran Kerja
    Harus ditulis secara jelas dan benar alamat pengiriman lamaran, hal ini sangat penting. Karena jika penulisan alamat pengiriman lamaran nya salah, tentu perusahaan  tidak akan pernah menerima surat lamaran. untuk menghindari hal tersebut, sebelum mengirimkan iklan lowongan kerja, baik ke media cetak, ke website atau mailing list, sebaiknya check & re-check. Pastikan penulisan alamatnya sudah jelas dan benar. Dan jika kita mencantumkan alamat email, sebaiknya menggunakan alamat email perusahaan, bukan email gratisan seperti yahoo.com, gmail.com, hotmail.com dll.
    Pada iklan lowongan kerja ini sudah dituliskan alamat nya dengan singkat, jelas dan tepat. Namun ikan ini  tidak mencantumkan alamat email perusahaan, hanya mencantumkan alamat gratisan yaitu yahoo.com.

    8.                  Batas Waktu
    Penentuan batas waktu juga perlu dicantumkan, sehingga pelamar akan tahu kapan batas waktu berakhirnya iklan lowongan kerja tersebut. Dan iklan ini sudah membuat batas waktu nya dengan jelas di pojok kanan atas pada iklan lowongan kerja ini.

    9.                  Kisaran gaji
    Untuk membuat iklan lowongan kerja semakin menarik,  berikan kisaran gaji yang cukup menarik tetapi masih masuk akal untuk pelamar  untuk menghindari persepsi bahwa perusahaan yang membuat iklanowongan kerja itu adalah perusahaan yang sedang melakukan penipuan. Pada iklan ini tidak dituliskan kisaran gaji untuk posisi yang dicari, namun hanya dikatakan akan di beri gaji yang tetap. Ini juga akan membuat calon karyawan tertarik. Karena jika ia sudah menjaji karyawan ia akan mendapatkan gaji yang tetap perbulannya.

    10.              Fasilitas
    Jika perusahaan memberikan fasilitas tambahan seperti antar jemput, asuransi, tunjangan, dan lain sebagainya maka fasilitas – fasilitas ini wajib  dicantumkan pada iklan lowongan kerja yang  dipasang untuk menambah daya tarik bagi pelamar untuk melamar ke perusahaan. Dan hal ini sudah dilakukan PT Penerbit Erlangga ini. Pada iklan lowongan kerja ini, sudah dituliskan fasilitas-fasilitasnya seperti Uang Makan, Jenjang Karir dan Motor Inventaris. Dengan begitu Pelamar akan semakin tertarik untuk melamar ke perusahaan ini.

    11.              Bahasa Inggris
    Jika karyawan yang dicari harus mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik, maka Iklan Lowongan Kerja ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Salah satu kunci keberhasilan sebuah proses recruitment sangat ditentukan oleh strategi penulisan iklan lowongan kerja, karena itu pastikan strategi penulisan iklan lowongan kerja di perusahaan  sudah tepat. Pada iklan lowongan kerja ini, tidak mengharuskan karyawan berbahasa inggris, sehingga iklannya pun tidak dibuat dalam bahasa inggris.

    Persyaratan pada lowongan kerja Marketing Representative ini yaitu:
    a.       Pria
    Perusahaan ini membutuhkan seorang pria yang menduduki jabatan marketing ini, karena tugas marketing ini berat. Tugasnya memasarkan buku-buku terbitan erlangga didalam kota maupun diluar kota. Sehingga, jika perempuan, pekerjaannya tidak maksimal dan sangat berbahaya untuk perempuan jika harus pergi-pergi memasarkan buku keluar kota.

    b.      Usia Maksimal 27 Tahun
    Hal ini karena biasanya pria yang berumur hingga 27 tahun itu belum menikah. Sehingga tidak ada hambatan untuknya bekerja untuk memasarkan buku-buku itu dalam maupun luar kota. Pekerjaannya juga akan lebih baik pria yang masih muda dibandingkan yang usia tua, tenaganya jauh lebih besar dan semangat kerjanya masih tinggi.

    c.       Pendidikan Minimal D3-Semua Jurursan
    Ini berarti mereka membutuhkan karyawan yang memiliki wawasan yang luas, jika dibandingkan dengan tamatan SMA maka yang D3 jauh lebih dewasa, berwawasan, aktif dan biasanya lebih kreatif. Terutama dalam pemasaran buku-buku ini sangat dibutuhkan orang-orang yang kreatif dalam menarik lebih banyak pelanggan.

    d.      Tinggi Badan Minimum 165 cm, Berat badan Proporsional
    Tinggi badan sebaiknya tidak peru dimasukkan kedalam persyaratan ini. Karena tinggi badan ini biasanya untuk persyaratan masuk kepolisian, pilot, TNI dan lain-lain. Sedangkan untuk posisi marketing, tinggi badan ini tidak terlalu penting.



    e.       Energik, Target Oriented dan Komunikatif
    Orang yang seperti ini memang sangat diperlukan untuk memasarkan buku-buku dari terbitan Erlangga ini. Pandai berkomunikasi yang baik, sehingga dapat melakukan pendekatan terhadap pelanggan.
    1. Memiliki SIM C
    Syarat ini sangat penting dibuat, karena seorang marketing itu melakukan pemasaran buku-buku itu dengan menggunakan sepeda motor yang diberikan oleh Erlangga. Sehingga yang menduduki posisi ini harus memiliki SIM C untuk mengendarai sepeda motor tersebut dalam melakukan tugasnya.

    g.      Pelamar yang Lolos Seleksi diberikan Gaji Tetap, Uang Makan, Jenjang Karir dan Motor Inventaris
    Syarat ni juga termasuk penting, karena biasanya jika diberikan fasilitas yang lengkap akan membuat orang tertarik untuk melamar pekerjaan ini. Karena ia akan diberikan gaji yang tetap perbulannya sama sseperti PNS, selain itu ia juga dapat uang makan, jenjang karir dan motor inventaris yang sangat berguna untuk malakukan pekerjaannya sebagai marketing.  
     


     DAFTAR PUSTAKA



0 Responses

Posting Komentar