nurul wardah
BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi ini banyak sekali penggunaan bahan kimia dalam makanan. karena bahan kimia tersebut dapat memudahkan manusia dalam membuat makanan yang lebih efektif dan efisien.
Akan tetapi, manusia sebagian besar sudah tidak mau lagi menggunakan bahan alami dari alam untuk makanan dikarenakan adanya bahan kimia tersebut. Meskipun mereka sudah tahu dampak dari penggunaannya. Oleh karena itu kami ingin mengemukakan manfaat bahan alami dari alam untuk pemanfaatan dalam kehidupan manusia.  Dan bahan alami tersebut terdapat banyak sekali manfaatnya bagi manusia.

1.2      Pembatasan Masalah
Enzim papain adalah enzim protease yang terkandung dalam getah papaya, baik dalam buah, batang maupun daunnya. Sebagai enzim yang berkemampuan sebagai memecahkan molekul protein, dewasa ini papain menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik di kehidupan rumah tangga maupun industri.
Dalam karya tulis ini kami akan berusaha membahas pendeskripsian sedetail mungkin tentang manfaat enzim papain bagi kehidupan manusia.


1.3      Perumusan Masalah
1.    Apakah enzim papain itu?
2.    Apa saja manfaat dari enzim papain?
3.    Bagaimana cara memproduksi enzim papain?
4.    Bagaimana cara pengambilan getah tersebut?
5.    Bagaimanakah cara pengolahan getah papaya agar menjadi papain kasar?

1.4      Tujuan Penulisan
Mengetahui pengertian enzim papain. Mengetahui apa saja manfaat dari enzim papain. Mengetahui cara memproduksi enzim papain. Mengetahui cara pengambilan getah papaya dan mengetahui bagaimana pengolahan getah tersebut agar menjadi papain kasar sehingga bisa di pergunakan untuk kebutuhan.

1.5      Metode Penulisan
Pada penulisan karya ilmiah ini kami menggunakan metode, yaitu dengan angket. Dimana angket akan kami sebarkan dengan jumlah 40 lembar. Dimana angket tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai enzim papain. Dan metode yang kedua yaitu dengan browsing melalui internet untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

1.6      Hipotesa
1.    Enzim papain merupakan bahan alami yang banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan manusia, salah satunya dapat menyehatkan dibandingkan bahan kimia.
2.    Adapun manfaat enzim papain tersebut misalnya seperti industri pengolahan daging, krim pembersih kulit dan sebagainya.
3.    Cara memproduksi enzim papain sangatlah mudah. Yaitu dengan mempersiapkan getah papaya, sedangkan bahan penolongnya yaitu air dan sulfit.
4.    Dengan mengkonsumsi enzim papain, kita bisa mengetahui banyaknya manfaat bahan alami yang terkandung dialam. Sehingga kita bisa kembali menggunakan bahan alami dan meninggalkan bahan kimia.

1.7      Manfaat
Dapat mengetahui banyaknya manfaat enzim papain bagi manusia. Dapat menggunakan enzim papain dalm kehidupan sehari-hari. Dapat menambah wawasan dengan mengetahui banyaknya manfaat dan keuntungan enzim papain bagi kehidupan manusia.


BAB II
LANDASAN TEORI


Enzim Papain merupakan enzim protease yang terkandung dalam getah papaya, baik dalam buah, batang maupun daunnya. Sebagai enzim yang berkemampuan sebagai memecahkan molekul protein, dewasa ini papain menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik di kehidupan rumah tangga maupun industri.
Enzim Papain digunakan dalam industri pengolahan daging. Daging dari hewan tua pun dapat menjadi lunak jika diberi Enzim papain. Enzim papain juga digunakan sebagai bahan penghancur sisa atau buangan hasil industri pengalengan ikan menjadi bubur ikan atau konsentrat protein hewani.
Pada industri penyamakan kulit, Enzim papain sering digunakan untuk melembutkan kulit. Dan juga enzim papain berperan penting dalam industri bir.
Enzim papain juga dapat digunakan sebagai bahan krim pembersih kulit, terutama muka. Dan masih banyak manfaat enzim papain lainnya.
Sedangkan cara memproduksi enzim papain sangatlah mudah. Bahan baku yang perlu dipersiapkan adalah getah papaya. Dan sedangkan bahan pembantunya yaitu air dan sulfat.
Cara pengambilan getah papaya tersebut  yaitu dilakukan pada buah papaya yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Dan waktu yang untuk melakukan penyedapan adalah sekitar pukul 05.30-08.00 wib atau pukul17.30-18.30 wib.
sedangkan cara pengolahan getah papaya tersebut agar menjadi enzim papain kasar maka harus dikerjakan dengan 2 cara, yaitu :
1.    Pengeringan dengan sinar matahari, pengeringan ini hanya mengandalkan sinar matahari.
2.    Pengeringan dengan pengering kabinet, pengeringan ini menggunakan alat listrik yang berbentuk kabinet.



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1     Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang kami gunakan adalah penelitian korelatif. Yang dimaksud penelitian korelatif adalah penelitian yang menghubungkan data-data yang ada. Sesuai dengan pengertian tersebut kami menghubungkan data-data yang kami dapat antara yang satu dan yang lainnya. Selain itu kami juga mnehubungkan data-data yang ada dengan landasan teori yang kami gunakan. Sehingga diharapkan penelitian kami bisa menjadi penelitian yang benar dan tepat.

3.2    Sumber Data
          Sumber data kami adalah  beberapa siswa SMA Negeri 1 Rambah, yang kira-kira kami ambil sampel adalah 40 siswa. Dan kami cari data melalui browsing internet.

3.3    Teknik Pengumpulan Data
        Adapun teknik pengumpulan data yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket dan browsing. Dengan angket kami dapat menyimpulkan, melalui jumlah koresponden yang menjawab pertanyaan tertentu dan membandingkan jumlah koresponden yang menjawab dengan jawaban yang berbeda pada pertanyaan yang sama. Dan setiap dari pertanyaan itu akan saling berkaitan. Kemudian kami juga menggabungkan data yang kami peroleh dari browsing internet dengan angket sehinggga data-data tersebut menjadi lebih dapat dipercaya.

3.4    Teknik Analisis Data
          Cara kami menganalisis data yang kami dapat yaitu pertama-tama memastikan bahwa semua data dan landasan teori yang diperlukan telah diperoleh dengan baik. Lalu kami menghitung jumlah data, setelah itu kami mengklasifikasikan jawaban-jawaban dari tiap pertanyaan pada angket dan data yang kami peroleh dari browsing internet. Langkah berikutnya, sesuai dengan jenis penelitian kami, kami menghubungkan data-data yang satu dengan yang lain dan juga dengan landasan teori yang ada. Langkah terakhir, kami menuangkannya dalam karya tulis ini.


BAB IV
PEMBAHASAN

4.1      Pengetahuan akan Enzim Papain
Enzim Papain merupakan enzim protease yang terkandung dalam getah papaya, baik dalam buah, batang maupun daunnya. Sebagai enzim yang berkemampuan sebagai memecahkan molekul protein, dewasa ini papain menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik di kehidupan rumah tangga maupun industri. Menurut angket kami, didapatkan bahwa yang mengetahui secara pasti tentang enzim papain 28 orang, sedangkan yang tidak mengetahui tentang enzim papain 10 orang dan yang masih ragu-ragu tentang enzim papain adalah 2 orang. Jika dituangkan dalam persen maka 70% yang pasti mengetahui tentang enzim papain, 10% yang tidak mengetahui tentang enzim papai dan 2% yang masih ragu-ragu tentang enzim papain.
             
4.2      Manfaat Enzim Papain
Melalui angket yang telah kami sebarkan, didapatkan hasil bahwa banyak responden yang menyatakan manfaat enzim papain dapat menghilangkan rasa haus adalah 5 orang (5%), yang menjawab sebagai krim pembersih 30 orang (75%) dan yang menjawab untuk menghilangkan jerawat 5 orang (5%).
Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian responden bahwa sudah banyak yang mengetahui manfaat dari enzim papain.
 Adapun manfaat Enzim Papain yaitu digunakan dalam industry pengolahan daging. Daging dari hewan tua pun dapat menjadi lunak jika diberi Enzim papain. Biasanya daging hewan tua bertekstur sangat keras. Dengan demikin hadirnya enzim papain dapat meningkatkan ekspor dan impor hewan tua yang sebelumnya tidak laku dipasaran. Papain sebagai pelunak daging banyak dijual dipasaran dalam kemasan kecil sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Enzim Papain ini sudah dicampur dengan bahan lain seperti garam dan gula agar kandungan enzim papainnya tidak terlalu kuat.
 Enzim papain juga digunakan sebagai bahan penghancur sisa atau buangan hasil industry pengalengan ikan menjadi bubur ikan atau konsentrat protein hewani. Bubur ikan atau konsentrat hewai ini digunakan untuk keperluan bahan pakan ternak dan ikan atau bahkan dapat diolah menjadi kecap.
Daya memecahkan protein yang dimiliki oleh enzim papaindapat ditingkatkan lebih jauh menjadi kegiatan hidrolisis protein. Hal ini sering digunakan dalam pembuatan pepton dan asam-asam amino. Pepton dan asam amino diperlukan dalam penelitian mikrobiologi dan industri. Biasanya harga produk semacam ini sangat mahal.
Pada industri penyamakan kulit, Enzim papain sering digunakan untuk melembutkan kulit. Kulit yang lembut dapat dibuat sarung tangan, jaket bahkan kaos kaki.
 Dan juga enzim papain berperan penting dalam industri bir. Distribusi dan penyimpanan bir berlangsung cukup lama atau suasana sekitarnya dingin karena iklim atau sengaja didinginkan maka dapat terbentuk kabut putih sehingga dapat mengurangi mutu dan selera dari bir tersebut. Dengan penambahan enzim papain saat akan dibotolkan, pembentukan kabut ini tidak terjadi. Itulah sebabnya enzim papain sering disebut sebagai obat antidingin.
Enzim papain dapat digunakan sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti untuk obat gangguan pencernaan protein, dispesia, gastritis, serta obat cacing.
Enzim papain juga dapat digunakan sebagai bahan krim pembersih kulit, terutama muka. Ini disebabkan enzim papain dapat melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas dengan cara fisik. Selain itu, enzim papain sering dijadikan bahan aktif dalam pembuatan pasta gigi. Enzim papain dalam pasta gigi dapat membersihkan sisa protein yang melekat  pada gigi.  Lama Sisa protein ini sering menimbulkan bau busuk bila terlalu lama dibiarkan.
Selain beberapa manfaat diatas, enzim papain pun  dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan, diantaranya yaitu:
a.    Bahan pencucian kain sutera (deterjen)
b.    Bahan pencuci lensa.
c.    Perenyah dalam pembuatan kue kering
d.    Bahan penjernih pada pembuatan minuman teh.
e.    Bahan penggumpal susu pada pembuatan keju.

4.3      Cara Memproduksi Enzim Papain
Dari angket yang kami sebarkan masih banyaknya orang yang tidak mengetahui cara memproduksi enzim papain. 23 orang yang menjawab tidak tahu, dan 12 orang menjawab tahu sedangkan yang 5 orang masih ragu-ragu tentang cara memproduksi enzim papain.
Cara memproduksi enzim papain sangatlah mudah. Bahan baku yang perlu dipersiapkan adalah getah papaya. Dan sedangkan bahan pembantunya yaitu air dan sulfat.  Air digunakan sebagai pengencer getah papaya, sedangkan sulfat digunakan sebagai pelarut bahan kimia.

4.4    Cara Pengambilan Getah Papaya
Cara pengambilan getah papaya tersebut  yaitu dilakukan pada buah papaya yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Masa penyadapan buah berlangsung 13 kali. Dan interval penyadapannya berlangsung salama 4 hari sekali.
 Dan waktu yang untuk melakukan penyedapan adalah sekitar pukul 05.30-08.00 wib atau pukul17.30-18.30 wib. Penyadapan dilakukan dengan cara menorehkan alat sadap pada kulit buah mulai dari pangkal menuju ujung buah. Kedalaman torehannya antara 1-2 mm. kedalaman ini perlu diperhatikan agar luka torehannya dapat cepat sembuh. Banyak torehan setiap buah cukup lima torehan dengan jarak 1-2 cm.
Setelah ditoreh, maka ditampung dengan tampah yang tberupa anyaman bambu pada batang tanaman. Agar getah tidak banyak terbuang maka tampah harus dilapisi plastik.

4.5    Cara Pengolahan buah menjadi papain kasar
Cara pengolahan getah papaya yaitu getah penyadapan dicampur larutan sulfat 0.7% sebanyak empat kali jumlah getah, lalu diaduk hingga rata. Campuran ini biasanya akan membentuk emulsi getah berwarna putih susu yang agak kental. Untuk mengeringkan emulsi getah menjadi enzim papain kasar maka harus dikerjakan dengan 2 cara, yaitu :
a.    Pengeringan dengan sinar matahari,
Pengeringan ini hanya mengandalkan sinar matahari.Mula-mula emulsi getah dituangkan merata dalam wadah plastik, kemudian dijemur dibawah terik matahari selama 8 jam. Getah yang sudah kering biasanya berbentuk serpihan-serpihan tipis berwarna abu-abu hingga kecoklatan. Serpihan-serpihan enzim papain kasar ini segera dikemas dengan baik.
b.    Pengeringan dengan pengering kabinet,
Pengeringan ini menggunakan alat listrik yang berbentuk cabinet yang diawali dengan menuangkan emulsi getah secara merata setebal 1 cm dalam wadah plastik. Kemudian wadah dimasukkan kedalam lemari pengering listrik atau cabinet drier. Suhu lemari sekitar 550C. getah akan mongering dalam waktu 6 jam. Papain kasar hasil pengeringan berupa serpihan-serpihan tipis berwarna putih sampai keabu-abuan. Kemudian enzim papain kasar ini digiling hingga menjadi tepung dan kemas dengan baik.


BAB V
PENUTUP

5.1     Kesimpulan
         Berdasarkan uraian pada Bab IV dapat disimpulkan bahwa:
·         Banyak yang  mengetahui apa itu enzim papain,oleh karena itu kami membuat makalah ini agar orang lebih mengetahui bahwa banyak sekali kegunaan enzim papain dalam kehidupan sehari-hari.
·         Biasanya produk industry menggunakan enzim papain untuk melembutkan pakaian, jaket,sarung tangan,kaos kaki,dan lainnya.
·         Sebaiknya pemerintah memperkenalkan enzim papain ini karena enzim papain memiliki banyak keuntungan terutama dalam hal kecantikan kulit.


5.2     Saran
1.   Berdasarkan kesimpulan dan keseluruhan makalah ini kami ingin memberikan beberapa saran sebagai berikut.
2.   Sebaiknya masyarakat harus banyak tahu tentang enzim papain ini, dari pada masyarakat harus menggunakan bahan kimia untuk kecantikan atau pun yang lainnya. Karena enzim papain lebih bagus dan menyehatkan bagi manusia.  pemerintah juga harus ikut berpartisipasi dalam pengenalan enzim papain ini melalui media elektronik maupun media cetak.


Daftar Pustaka 
http://www.bloggaul.com
gerairembulan.files.wordpress.com
en.wikipedia.org/wiki/Gastritis
0 Responses

Posting Komentar