1. Pengertian Belajar
Pembelajaran secara umum
didefinisikan sebagai suatu proses yang menyatukan kognitif, emosional, dan
lingkungan pengaruh dan pengalaman untuk memperoleh, meningkatkan, atau membuat
perubahan’s pengetahuan satu, keterampilan, nilai, dan pandangan dunia.
Belajar sebagai suatu proses berfokus pada apa yang terjadi
ketika belajar berlangsung. Penjelasan tentang apa yang terjadi merupakan
teori-teori belajar. Teori belajar
adalah upaya untuk menggambarkan bagaimana orang dan hewan belajar, sehingga
membantu kita memahami proses kompleks inheren pembelajaran. Berikut beberapa
definisi belajar menurut beberapa ahli psikologi.
Arno F. Wittig dalam
Psychology of Learning: 1981. Belajar ialah perubahan yang relatif
menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laku suatu organisme sebagai
hasil belajar.
James Patrick Chaplin dalam Dictionary
of Psychology: 1985. Belajar dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan
pertama Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap
sebagai akibat latihan dan pengalaman. Rumusan kedua Belajar ialah proses
memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.
Hintzman, Douglas L. dalam The
Psychology of Learning and Memory: 1987. Belajar adalah suatu perubahan
yang terjadi dalam diri organisme, manusia atau hewan, disebabkan oleh
pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.
John Burville Biggs dalam Teaching for
learning: the view from cognitive psychology: 1991. Belajar mempunyai tiga
macam rumusan, yaitu :
- Rumusan kuantitatif, belajar berarti kegiatan pengisian atau pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta sebanyak-banyaknya. Jadi, belajar dalam hal ini dipandang dari sudut berapa banyak materi yang dikuasai siswa.
- Rumusan institusional, belajar dipandang sebagai proses validasi (pengabsahan) terhadap penguasaan siswa atas materi-materi yang telah ia pelajari. Bukti institusional yang menunjukkan siswa telah belajar dapat diketahui dalam hubungannya dengan proses mengajar. Ukurannya ialah, semakin baik mutu mengajar yang dilakukan guru maka akan semakin baik pula mutu perolehan siswa yang kemudian dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai.
- Rumusan kualitatif, ialah proses memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman serta cara-cara menafsirkan dunia di sekeliling siswa. Belajar dalam pengertian ini difokuskan pada tercapainya daya pikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti dihadapi siswa.
Arthur S. Reber, Rhianon Allen,
Emily Sarah Reber dalam The Penguin Dictionary of Psychology:
edisi 1986, 1995, 2001. Belajar dengan dua macam definisi.
- Pertama, belajar adalah : proses memperoleh pengetahuan. Pengertian ini biasanya lebih sering dipakai dalam pembahasan psikologi kognitif yang oleh sebagian ahli dipandang kurang representatif karena tidak mengikutsertakan perolehan ketrampilan non kognitif.
- Kedua, belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif selamanya sebagai hasil latihan yang diperkuat. Dalam definisi ini terdapat empat macam istilah yang esensial dan perlu disoroti untuk memahami proses belajar yaitu: relatively permanent, response potentiality, reinforced dan practice.
2.
Janis-jenis
pembelajaran
a.
Behaviorisme
Behaviorisme
adalah sebuah teori pembelajaran yanng memusatkan hanya pada perilaku yang
dapat diamati, tidak memperhitungkan pentingnya aktifitas mental seperti
berfikir, berhasrat, dan berharap.
b.
Pembelajaran
asosiasi
Yaitu
pembelajaran yang terjadi ketika sebuah hubungan atau asosiasi dibuat untuk
menghubungkan 2 peristiwa.
c.
Pembelajaran
melalui pengamatan
Pembelajaran
yang muncul ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain disebut
juga dengan meniru atau modeling.
3.
Teori-teori Pembelajaran
a.
Teori Pavlov
Dalam
sebuah eksperimennya ia secara rutin meletakkan bubuk daging dalam mulut seekor
anjing, yang menyebabkan anjing tersebut mengeluarkan air liur. Anjing ini
ternyata mengeluarkan air liur sebagai
respon dari berbagai rangsangan yang berkaitan dengan makanan, seperti saat
melihat makanan, saat melihat seorang membawa makanan kedalam ruangan, dan saat
suara pintu tertutup ketika makanan datang. Pavlov menyadari bahwa asosiasi
antara penglihatan dan pendengaran dengan makanan merupakan jenis belajar yang
sangat penting. Yang kemudian dikenal dengan nama pengondisian klasik. Sehingga
anjing tersebut sudah terkondisi dengan ekperimen pavlov, apabila terdengar
suara bel air liurnya akan keluar. Berarti pembelajaran menurut pavlov adalah
pengondisian, atau dilakukan berulang-ulang.
b.
B.F
Skinner
Psikologi Amerika, B.F Skinner (1938) mengembangkan
konsep instrumenral . pengondisian instrumental adalah sebuah bentuk dari pembelajaran asosiatif
dimana konsekuensi dari sebuah perilaku mengubah kemungkinan berulangnya
perilaku.
Sebagai
contoh , dalam pengondisian instrumental, menunjukkan kemampuan optimal dalam
kompetensi skating (perilaku ) cenrung menghasilkan nilai yang tinggi dari para
juri ( konsekuensi) , yang kemudian membuat para sakter bersemangat untuk terus
berlatih dan berkompetensi. Jadi pengondisian klasik meliputi perilaku
responden, pengondisian instrumental terdiri atas perilaku instrumental,
perilaku disengaja yang beroperasi terhadap lingkungan, dan menghasilkan
rangsangan berupa ganjaran atau hukuman.
c.
Bandura
Model
pembelajaran melalui pengamatan Bandura terdapat 4 proses pembelajaran yaitu
perhatian, pengendapan, reproduksi motorik dan penguatan atau kondisi intensif.
contohnya seperti jika anda ingin
belajar bermain ski, maka anda perlu memerhatikan kata-kata dan contoh gerakan dari
instruktur. Kemudian anda perlu mengingat apa yang dilakukan instruktur dan apa
saran-sarannya untuk mencegah bencana. Selanjutnya anda juga memerlukan
kemampuan motorik untuk mengulang apa yang telah ditunjukkan oleh intruktur.
Ketika anda mendapat pujian dari instruktur setelah anda menyelesaikan beberapa
gerakan akan meningkatkan motivasi anda untuk terus bermain ski.
Referensi
Wade Carole,
Tavris Carol.2007.psikologi edisi
sembilan jilid 1.Jakarta:Penerbit Erlangga
http:// Definisi
Belajar menurut beberapa Psikolog.html
http:// Teori
Belajar Menurut Ahli « Ilmu Psikologi _ Bimbingan Konseling.html
King.A
Laura.2012.Psikologi Umum:sebuah pandangan apresiatif.Jakarta: Salemba
Humanika.
Posting Komentar