nurul wardah

A.      Filsuf Yunani Kuno
            Kata psikologi itu dari bahasa Yunani, yang mana Psyche yaitu jiwa sedangkan logos yaitu ilmu. Maka psikologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Namun tidak secara langsung, yaitu melalui tingkah laku dan proses atau kegiatannya. Maka psikologi juga dapat diartikan studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental.
            Dulu psikologi dipelajari pada filsafat dan ilmu faal. Dan ilmu psikologi ini sudah dipejari gejala-gejala kejiwaannya sejak 500-600 tahun SM oleh filsuf Yunani Kuno, diantaranya yaitu Thales yang dianggap Bapak filsafat.
1.      Thales (642-84 SM) mengartikan jiwa sebagai sesuatu yang supernatural, maka jiwa itu tidak ada karna yang ada dialam adalah gejala alam dan gejala alam itu berasal dari air.
2.      Anaximander(611-546 SM) menganggap jiwa itu ada. Konsepnya seperti tentang Tuhan dizaman kita sekarang.
3.      Anaximenes (490-430) mendukung pendapat Anaximander bahwa jiwa itu ada karena segala sesuatu berasal dari udara.
4.      Empedokles (480-430 SM) mengatakan pada manusia itu ada 4 elemen yakni, tulang/otot/usus, fungsi hidup, rasio dan cairan tubuh.
5.      Hi[pokrates (480-375 SM) mengatakan bahwa manusia ada 4 tipe yaitu: (1) Sanguine 9ruang), (2) melankolis (murung), (3) kolerik (cepat bereaksi) dan (4) plegmatis (lamban).
6.      Demokritus (480-370 SM) menurutnya jiwa terdiri dari semacam atom-atom.
7.      Sokrates (469-399 SM) ia mengatakan bahwa pikiran-pikiran seseorang itu mencerminkan keberadaan jiwa dibalik tubuh manusia.
8.      Plao(427-347 SM) ia mengatakan bahwa dunia kejiwaan berisi ide-ide yang berdiri sendiri dan terlepas dari pengalaman-pengalaman hidup sehari-sehari.
9.      Aristoteles (384-322 SM) ia yakin segala sesuatu yang berbentuk kejiwaan harus menempati wujud tertentu dan wujud ini hakikatnya adalah pernyataan atau ekspresi dari jiwa.

B.      Renaisans (masa revolusi ilmu pengetahuan di Eropa)
1.      Rene Descartes (1598-1650) silfur asal Perancis ini menyatakan ilmu jiwa psikolgi) yaitu ilmu tentang kesadaran (rasio). karena mnurutnya segala sesuatu itu berawal dari kesadaran sendiri.
2.      George Berkeley (1685-1753) silfur inggris ini mengemukakan bahwa psikologi adalah ilmu tentang penginderaan, karna menurutnya segala sesuatu itu berawal dari penginderaan.

C.      Pasca Renaisans
1.      Sir Charles Bell (1774-1842) dan Francois Magendie (1783-1885) menemukan syaraf-syaraf sensorik (penginderaan) dan syaraf-syaraf motorik (yang mempengaruhi gerak dan kelenjar-kelenjar).
2.      Paul broca (1824-1880) dokter jerman ini menemukan pusat bicara di otak yang bernama pusat Broca, jika ini terganggu akan menyebabkan orang tidak bisa berbicara dan disebut menderita aphasia.
3.      Marshal Hall (1790-1857) dokter inggris ini menemukan , mekanisme refleks (gerak refleks).
4.      Ivan Pavlov (1849-1936) ilmuan faal ini mendefenisikan psikologi merupakan ilmu tentang refleks dan karena itu psikologi tidak berbeda dengan ilmu faal.

D.     Era Modern
1.      Gardner Murphy (1929), ia mengatakan psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
2.      Boring, Edwin G, Herbert S. Langfeld, Harry P. Weld (1948) mendefenisikan bahwa psikologi merupakan studi tentang hakikat manusia.
3.      Clifford T. Morgan (1966), psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

Berdasarkan pemaparan diatas ada beberapa unsur dalam psikologi, yaitu :
1.      Ilmu Pengetahuan, yaitu suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu.
2.      Perilaku, perilaku sangat mudah untuk kita pelajari dari pada jiwa. Maka melalui perilaku kita tetap akan bisa mempelajari jiwa.
3.      Manusia,   manusia merupakan objek yang paling membutuhkan ilmu psikologi dalam berbagai aspek kehidupan.
4.      Lingkungan, dilingkungan lah tempat manusia hidup, beradaptasi dan mengembangkan dirinya.

Referensi
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press.
http://rumahbelajarpsikologi.com/index.php/sejarah-psikologi.html. di asuh oleh: DR. phil. Hana Panggabean.

 
0 Responses

Posting Komentar