BAB
I
PENDAHULUAN
Tes psikologi adalah suatu pengukuran yang
objektif dan terstandar terhadap sampel dari suatu perilaku. Tujuan dari tes
psikologi sendiri adalah untuk mengukur perbedaan antar individu atau juga
mengukur reaksi individu yang sama pada situasi yang berbeda (Anastasi &
Urbina, 1997).
Penggunaan tes psikologi saat ini menjadi
suatu bagian yang sangat penting dalam pengukuran terhadap individu. Tes
psikologi berperan sebagai alat untuk menggali atribut psikologi individu.
Terdapat tujuh jenis tes psikologi yang beragam tergantung tujuan
pengukurannya. Pertama, tes intelegensi untuk mengukur kemampuan individu dalam
cakupan umum. Kedua, tes bakat untuk mengetahui bakat atau potensi khusus
seseorang. Ketiga, tes kreativitas untuk mengukur kapasitas individu untuk
menemukan solusi yang tidak biasa dan tidak terduga khususnya dalam memecahkan
masalah yang masih samar. Keempat, tes kepribadian untuk mengukur trait,
kualitas, atau perilaku yang menunjukkan individualitas seseorang. Kelima, tes
prestasi untuk mengukur pencapaian individu setelah mempelajari sesuatu.
Keenam, tes inventori minat untuk mengukur kecenderungan seseorang pada
aktifitas atau topik-topik tertentu. Dan terakhir, tes neuropsikologi untuk
mendapatkan data mengenai keluhan gangguan kognitif (Gregory, 2004). Hasil tes
psikologi digunakan sebagai dasar informasi dalam pengambilan keputusan.
Informasi individu yang digali melalui suatu tes psikologi dapat menjadi
prediktor yang meramalkan performa individu dalam suatu tugas. Oleh karena itu tes psikologi yang akan dipergunakan harus memenuhi kualitas
psikometri yang baik agar dapat diterapkan dalam mengukur suatu atribut
psikologi pada individu (Murphy, 2005).
Tes psikologi digunakan dalam konteks
industri organisasi, pendidikan atau sekolah serta dalam konteks klinis. Dalam
konteks industri organisasi tes psikologi memainkan peran yang sangat penting,
terutama dalam proses perekrutan dan seleksi karyawan. Tes psikologi yang
digunakan diantaranya tes kemampuan kognitif, tes situasional, serta tes
kepribadian objektif dan proyektif. Tes psikologi dalam konteks pendidikan
berperan untuk memeriksa intelegensi atau IQ, prestasi akademik, kepribadian,
minat serta bakat. Dalam konteks klinis peran tes sebagai alat untuk memeriksa
orang-orang yang mengalami masalah perilaku untuk kemudian menetapkan
keputusan-keputusan terapeutik (Anastasi, 1997).
BAB II
TINJAUAN TEORI
Kesulitan belajar terbagi
menjadi dua faktor besar. yaitu: 1. Intrinsik dan 2. Ekstrinsik.
1.) Faktor
dari dalam diri anak (Intrinsik).
Rasa malas
belajar yang timbul dari dalam diri anak dapat disebabkan karena kurangnya atau
tidak adanya motivasi diri. Motivasi diri kemungkinan belum tumbuh dikarenakan
anak belum mengetahui manfaat dari belajar atau belum ada sesuatu yang ingin
dicapainya. Selain itu kelelahan dalam beraktifitas dapat berakibat
menurunkannya kekuatan fisik dan melemahnya kondisi psikis.
2.) Dari
luar diri anak (Ekstrinsik)
a. Sikap
orang tua.
Berikut beberapa
hal yang dapat menimbulkan persoalan yang bersumber dari keluarga:
1).
Sikap orang tua yang mengucilkan anaknya, tidak mempercayai, tidak adil dan
tidak mau menerima anaknya secara wajar.
2). Broken home,
perceraian, dan percekcokan.
3). Didikan yang
otoriter, terlalu lemah dan memanjakannya
4).
Orang tua tidak mengetahui kemampuan anaknya, sifat kepribadian, minat, bakat
dan sebagainya.
b. Sikap
guru
Sekolah
sebagai lembaga pendidikan formal setelah keluarga dapat menajdi masalah pada
umumnya, dan khususnya masalah kesulitan belajar pada siswa. Hal ini sesuai
dengan pendapat yang menyatakan bahwa lingkungan sekolah dapat menjadikan
faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar seperti:
·
Cara penyajian
pelajaran kurang baik.
·
Hubungan guru dan murid
kurang harmonis.
·
Hubungan antara murid
dengan murid itu sendiri tidak baik.
·
Bahan pelajaran yang
disajikan tidak dimengerti siswa.
·
ketidak siapan guru
dalam mengajar.
·
tidak menguasai bidang
pelajaran yang akan diajarkan atau karena terlalu banyak memberikan tugas-tugas
dan pekerjaan rumah.
·
Sering terlambat masuk
kelas untuk mengajar.
·
bercanda pada siswa
tertentu saja.
·
Membawa masalah rumah
ke sekolah.
c. Sikap
teman
ketika
seorang anak berinteraksi dengan teman-teman nya disekolah, tentunya secara
langsung anak bisa memperhatikan satu sama lainnya, sikap, perlengkapan
sekolah, aksesoris, pakaian dan lain-lain. pada akhirnya, ada anak yang
menuntut kepada orang tua minta dibelikan perlengkapan sekolah yang serupa
dengan temannya. Jika tidak dituruti, maka dengan cara malas belajarlah cara
untuk mengabulkan permohonannya.
d. Suasana
belajar dirumah
Fasilitas-fsilitas
permainan yang berlebihan dirumah dapat mengganggu minat belajar anak. Seperti
kaset CD, VCD, atau komputer yang
diprogram untuk sebuah permainan.
e. Sarana
Belajar
Sarana
belajar dan fasilitas-fasilitas penunjang belajar disekolah, juga sangat
penting untuk menambah minta anak dalam belajar
Menurut Drs. Oemar Hamalik, (2005:117) faktor-faktor
yang bisa menimbulkan kesulitan belajar dapat digolongkan menjadi 4 faktor,
salah satunya yaitu Faktor-faktor dari
diri sendiri. Adapun faktor-faktor dari diri sendiri seperti tidak
mempunyai tujuan belajar yang jelas, kurangnya minat, kesehatan yang sering
terganggu, kecakapan mengikuti pelajaran, kebiasaan belajar dan kurangnya
penguasaan bahasa.
BAB III
METODE
A.
Blue
Print
Berikut
ini akan ditampilkan tabel
blue print
yang digunakan sebagai acuan pembuatan soal tes psikologis kesulitan belajar.
NO
|
INDIKATOR
|
PERNYATAAN
|
JUMLAH
SOAL
|
|
POSITIF
|
NEGATIF
|
|||
1.
|
Tidak
mempunyai tujuan yang jelas.
|
1,
13, 23
|
7,
19
|
5
|
2.
|
Kesehatan
yang sering terganggu.
|
4,
17, 29
|
8,
20
|
5
|
3.
|
Kurangnya
minat
|
2,
18, 28
|
9,
21
|
5
|
4.
|
Kecakapan
mengikuti pelajaran
|
3,
14, 27
|
10,
22
|
5
|
5.
|
Kebiasaan
belajar
|
5,
15, 25
|
11,
30
|
5
|
6.
|
Kurangnya
penguasaan bahasa
|
6,
16, 26
|
12,
24
|
5
|
Jumlah
Soal
|
30
|
B.
Rancangan
Tes Prestasi
Jumlah
keseluruhan soal tes psikologis kesulitan belajar yang dibuat adalah sebanyak 30 aitem. Dimana, soal yang dibuat terdiri dari 6 indikator
kesulitan belajar. Indikator tersebut adalah tidak
mempunyai tujuan yang jelas, kesehatan
yang sering terganggu, kurangnya
minat, kecakapan mengikuti
pelajaran, kebiasaan
belajar dan kurangnya penguasaan
bahasa. Yang mana, masing-masing indikator tersebut terdiri
dari 5 aitem, sehingga jumlah seluruh aitem skala kesulitan belajar ini 30
aitem.
C.
Subjek.
Subjek
yang digunakan didalam tes psikologis
kesulitan belajar ini mahasiswa psikologi UIN SUSKA RIAU yang terdiri dari 40
subyek.
D.
Waktu
dan Tempat pengetesan
Adapun
waktu yang digunakan untuk tes psikologis kesulitan
belajar selama 15
menit, dari pukul 13.00-13.15 WIB. Tempat
yang digunakan subjek untuk mengerjakan tes
psikologis kesulitan belajar adalah Fakultas
Psikologi.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
1.
Analisis Aitem
Berikut adalah hasil analisis aitem soal tes prestasi yang dibuat. Analisis
aitem soal tes prestasi menggunakan program analisis aiteman. Analisis aitem soal
berupa daya beda soal, tingkat kesukaran soal, dan efektivitas distraktor atau
pengecoh.
No
Aitem
|
Daya
Beda
|
Kesimpulan
|
1
|
0,52
|
Diterima
|
2
|
0,44
|
Diterima
|
3
|
-0,21
|
Direvisi
|
4
|
0,26
|
Diterima
|
5
|
0,16
|
Direvisi
|
6
|
0,49
|
Diterima
|
7
|
0,51
|
Diterima
|
8
|
0,30
|
Diterima
|
9
|
0,12
|
Direvisi
|
10
|
- 0,50
|
Direvisi
|
11
|
0,51
|
Diterima
|
12
|
0,39
|
Diterima
|
13
|
0,63
|
Diterima
|
14
|
-0,42
|
Direvisi
|
15
|
0,66
|
Diterima
|
16
|
0,36
|
Diterima
|
17
|
0,50
|
Diterima
|
18
|
0,71
|
Diterima
|
19
|
0,32
|
Diterima
|
20
|
0,27
|
Diterima
|
21
|
0,29
|
Diterima
|
22
|
-0,6
|
Direvisi
|
23
|
0,41
|
Diterima
|
24
|
0,20
|
Direvisi
|
25
|
0,38
|
Diterima
|
26
|
0,42
|
Diterima
|
27
|
-0,38
|
Direvisi
|
28
|
0,55
|
Diterima
|
29
|
0,33
|
Diterima
|
30
|
0,63
|
Diterima
|
Adapun
kriteria daya beda aitem kesulitan beljar diatas adalah apabila daya beda aitem
< 0,25 maka aitem tersebut harus direvisi dan apabila daya beda aitem
>0,25 maka aitem tersebut diterima atau dapat digunakan.
2.
Reliabilitas
Reliability Statistics
|
|
Cronbach's Alpha
|
N of Items
|
,595
|
30
|
Item-Total Statistics
|
||||
Scale Mean if Item Deleted
|
Scale Variance if Item Deleted
|
Corrected Item-Total Correlation
|
Cronbach's Alpha if Item Deleted
|
|
VAR00001
|
31,6500
|
30,541
|
,444
|
,559
|
VAR00002
|
31,9500
|
31,074
|
,353
|
,568
|
VAR00003
|
30,7000
|
36,113
|
-,320
|
,636
|
VAR00004
|
31,4250
|
32,046
|
,118
|
,594
|
VAR00005
|
31,8000
|
33,138
|
,059
|
,597
|
VAR00006
|
31,7750
|
30,128
|
,390
|
,560
|
VAR00007
|
31,9750
|
31,204
|
,450
|
,565
|
VAR00008
|
31,8000
|
31,856
|
,187
|
,584
|
VAR00009
|
32,2500
|
33,423
|
,040
|
,597
|
VAR00010
|
30,4000
|
38,349
|
-,581
|
,658
|
VAR00011
|
31,1250
|
30,522
|
,427
|
,560
|
VAR00012
|
31,5000
|
31,641
|
,307
|
,574
|
VAR00013
|
31,6750
|
29,199
|
,554
|
,542
|
VAR00014
|
30,4250
|
37,379
|
-,502
|
,647
|
VAR00015
|
31,6500
|
28,233
|
,570
|
,532
|
VAR00016
|
31,3000
|
31,446
|
,247
|
,577
|
VAR00017
|
31,5000
|
29,436
|
,369
|
,558
|
VAR00018
|
31,8750
|
28,984
|
,650
|
,535
|
VAR00019
|
31,3000
|
31,549
|
,202
|
,582
|
VAR00020
|
31,4750
|
32,307
|
,172
|
,586
|
VAR00021
|
31,7250
|
32,153
|
,180
|
,585
|
VAR00022
|
30,4750
|
38,717
|
-,657
|
,661
|
VAR00023
|
32,0500
|
31,126
|
,311
|
,571
|
VAR00024
|
31,6500
|
33,105
|
,093
|
,593
|
VAR00025
|
31,3250
|
30,635
|
,227
|
,579
|
VAR00026
|
31,6750
|
31,199
|
,332
|
,570
|
VAR00027
|
30,8500
|
37,413
|
-,473
|
,649
|
VAR00028
|
31,8250
|
30,251
|
,475
|
,555
|
VAR00029
|
31,9000
|
31,272
|
,179
|
,586
|
VAR00030
|
31,6500
|
30,387
|
,566
|
,553
|
Sebagai
kriteria pemilihan aitem berdasar korelasi aitem total biasanya digunakan
batasan rix ≥ 0,25. Semua aitem yang mencapai koefisien
korelasi minimal 0,25 daya pembedanya di anggap memuaskan. Aitem yang memiliki
harga rix atau ri(X-i) < 0,25 dapat di
interpretasikan sebagai aitem yang memiliki daya diskriminasi rendah.
Dan dari hasil uji reliabiltas yang dilakukan dengan menggunakan SPSS,
dapat di simpulkan bahwa:
a. Aitem-aitem nomor 1 (r = 0,444), 2 (r = 0,353), 6 (r =
0,390), 7 (r = 0,450), 11 (r = 0,427), 12 (r = 0,307), 13 (r = 0,554), 15 (r =
0,570), 17 (r = 0,369), 18 (r =0,650), 23 (r = 0,311), 26 (r = 0,332), 28 (r =
0,475) dan 30 (r = 0,566) merupakan aitem-aitem yang memiliki harga rix ≥ 0,25. Maka aitem
aitem ini dinyatakan reliabel dan bisa digunakan.
b. Aitem-aitem atau soal-soal nomor 3 (r = -0,320), 4 (r = 0,118), 5 (r =
0,059), 8 (r = 0,187), 9 (r = 0,040), 10 (r = -0,581), 14 (r = -0,502), 16 (r =
0,247), 19 (r = 0,202), 20 (r = 0,172), 21 (r = 0,180), 22 (r = -0,657), 24 (r
= 0,093), 25 (r = 0,227), 27 (r = -0,473) dan 29 (r = 0,179) merupakan aitem-aitem yang memiliki harga rix < 0,25. Maka aitem ini
dinyatakan tidak reliabel dan tidak dapat digunakan atau harus direvisi atau
diganti.
B.
Pembahasan
30
aitem dianalisis dengan rumus korelasi product-moment,
dengan rumus:
i
= Skor aitem
X
= Skor skala
n
= Banyaknya Subjek
Dari
hasil perhitungan dengan rumus tersebut maka didapatkan hasil:
a.
aitem nomor 1, 2,
4, 6, 7, 8, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 23, 25, 26, 28, 29 dan 30
memiliki daya beda yang memuaskan, sehingga aitem-aitem dengan nomor-nomor
tersebut dapat digunakan.
b.
aitem nomor 3, 5,
9, 10, 14, 22, 24 dan 27 memiliki daya beda yang tidak memuaskan, sehingga
aitem-aitem pada nomor-nomor tersebut harus direvisi atau diganti.
Adapun aitem yang reliabel yaitu
aitem nomor 1, 2, 6, 7, 11, 12, 13, 15, 17, 18, 23, 26, 28 dan 30. Aitem-aitem
nomor tersebut dapat digunakan.
Sedangkan aitem yang tidak reliabel yaitu aitem nomor 3, 4, 5, 8, 9, 10,
14, 16, 19, 20, 21, 22, 24, 25, 27, dan 29. Aitem-aitem pada nomor tersebut
harus direvisi atau lebih baik diganti.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Tes psikologi adalah suatu pengukuran yang objektif dan terstandar terhadap
sampel dari suatu perilaku. Tes psikologis yang kami lakukan menggunakan skala
kesulitan belajar berguna untuk mengetahui seberapa besar kesulitan belajar
pada mahasiswa.
Dari hasil uji daya beda dan reliabilitas dapat diketahui:
a.
aitem nomor 1, 2,
4, 6, 7, 8, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 23, 25, 26, 28, 29 dan 30
memiliki daya beda yang memuaskan, sehingga aitem-aitem dengan nomor-nomor
tersebut dapat digunakan.
b.
aitem nomor 3, 5,
9, 10, 14, 22, 24 dan 27 memiliki daya beda yang tidak memuaskan, sehingga
aitem-aitem pada nomor-nomor tersebut harus direvisi atau diganti.
Adapun aitem yang reliabel yaitu aitem nomor 1, 2, 6, 7,
11, 12, 13, 15, 17, 18, 23, 26, 28 dan 30. Aitem-aitem nomor tersebut dapat
digunakan. Sedangkan aitem yang tidak
reliabel yaitu aitem nomor 3, 4, 5, 8, 9, 10, 14, 16, 19, 20, 21, 22, 24, 25,
27, dan 29. Aitem-aitem pada nomor tersebut harus direvisi atau lebih baik
diganti.
B. Saran
·
saran bagi subjek
Saran
bagi subjek supaya ikut berpartisipasi dalam mengisi skala-skala psikologi yang
diberikan oleh peneliti. Dan harap dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
·
saran bagi pembuat
tes prestasi berikutnya
Bagi pembuat skala psikologi berikutnya
agar dapat membuat aitem yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Azwar, Saifudin. 2013. Skala Penyusunan Psikologi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Posting Komentar